Saturday, November 24, 2018

BENCANA AGAMA

Sumber : https://www.antimedia.id/macam-jenis-agama-dunia
Agama seringkali didefinisikan sebagai "tidak kacau". A berarti tidak, sementara Gama diartikan kacau. sehingga berbicara tentang agama berarti berbicara bahwa agama sesungguhnya adalah pembawa kedamaian. 

Betulkah agama sebagai pembawa kedamaian? betulkah agama merupakan rahmat bagi semua manusia? kami tidak mencoba mengkritik agama apalagi mencoba memojokkan pada sudut-sudut bangunan yang kita anggap misterius. 

Mengapa demikian, sejak kecil kita diajarkan tentang agama, diajarkan bagaimana kita mampu mengungkapkan sisi misterius dibalik Agama. dimasa kecil itu kita merasakan betapa damainya beragama, betapa luar biasanya kita mengenal agama. karena agama dimasa itu mengajarkan kepada kita tentang bagaimana saling mencintai, saling menghormati, disana ada akhlak  dan budi pekerti yang sangat luar biasa. 

Agama, apa boleh dikata, seringkali justru jadi bencana bagi para pemeluk-pemeluknya sendiri. sementara pemeluk-pemeluk yang lain membayangkan persahabatan, ibadah yang nyaman dan menyenangkan serta ajarannya yang sungguh sangat luar biasa ademnya. sebagian yang lain mencari bagaimana bebas dari intimidasi, penyerangan dan kekerasan fisik dari sesama pemeluk atas nama agama. hingga urusan agama dibawa masuk kedalam arena politik yang tak beretika.  Anehnya, semua itu acapkali tak disadari oleh para ulama, ustadz, pengelola pendidikan Agama dan kita semua sebagai pemeluk agama. 

Kondisi ini sesungguhnya menggambarkan dengan terang bagaimana rasanya menjadi terbuang, dan mengapa agama seringkali tak kuasa mencegah "BENCANA" tersebut. saatnya kita buka mata memandang ke realitas dan konsekuensi jangka panjang dari kesalahan memahami agama sebagai rahmatan lil alamin.

Oleh: Tim Pena Cendekia7

No comments:

Post a Comment